BASARNAS BANTU PADAMKAN API KAPAL LPG AMELIA 1

BASARNASMAKASSAR - Selasa (13/06) Pukul 17.30 Wita Basarnas Kantor SAR Makassar  menerima informasi dari Kantor SAR Makassar, bahwa Kapal LPG Amelia 1 mengalami kebakaran di sekitar Perairan Selat Makassar kurang lebih 1 mil dari Pelabuhan Paotere.  Kapal yang bermuatan LPG cair ini bertolak dari Banjarmasin menuju Makassar.

 

Menindaklanjuti laporan tersebut, Pukul 17.40 Wita Kepala Kantor SAR Makassar  Amiruddin, S. Sos, M.Si selaku SMC (SAR Mission Coordinator) mengerahkan  Kapal Negara Antasena 234 dan Rescue Boat 303 Makassar untuk melakukan  pemadaman dan mengevakuasi abk  yang berada di atas kapal.

 

Selang 45 menit melakukan pemadaman bersama dengan Kapal Fire Station Pertamina (KM Wisnu), Syahbandar, Pelindo, MT Bira, KT Anggada Kepanduan dan KT Sungai Saddang. Kapal berhasil dipadamkan dan 13 ABK Kapal berhasil di selamatkan. 

 

Menurut Nahkoda KN Antasena, Haris Supardi, kapal bermuatan gas LPG cair ini terlihat mengepulkan asap dari anjungan kapal, beruntungnya kapal tersebut memang sedang lego jangkar dan jaraknya dekat hingga pemadaman dapat segera dilakukan.  Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.

 

Berikut Nama-nama ABK Kapal LPG Amelia 1: 

1. Yoksan ( Nahkoda)

2. Taufiq  Manurun( Mualim)

3. Sumarlin (Mualim 2)

4. Yohannes K (KKM)

5. Piter Misi (Masinis 1)

6. Aprianto P (Masinis 2)

7. Herman Sattu (Bosun)

8.Oprianus B (Juru Mudi 1)

9. Meitius Hanor (Juru Mudi 2)

10.Koni Andak (Juru Minyak 1)

11.Kadir (Juru Minyak 2)

12. Semuel(Juru Masak)

13. Suardi (Kadet) (em)

Link Terkait
PEJABAT